Percepat Penetapan APBDes, Aparat Desa Dilatih Buat RAB Pembangunan Desa

oleh -1,141 views
oleh
“Bupati Indah membuka Bimtek Aplikasi Desain RAB Pembangunan Desa di Hotel The Fox Lite, Makassar.”
MAYZONA.ID (MAKASSAR) – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP), membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Desain Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pembangunan Desa, Selasa (15/12/2020), di Hotel The Fox Lite, Makassar. Bimtek ini diikuti 115 peserta dari aparat desa yang tersebar di 14 kecamatan dari 93 desa se-Kabupaten Luwu Utara.

Selain materi, peserta juga diberi pelatihan atau praktek ujicoba pembuatan RAB desain pembangunan jalan, irigasi, jembatan, air bersih, bangunan, dan lapangan, oleh para narasumber atau fasilitator dari Lembaga Pusat Konsultasi Pemerintah Daerah (PKPD). Bimtek berlangsung selama empat hari, mulai 15 – 18 Desember 2020.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dalam sambutannya menyebutkan bahwa salah satu kendala dalam penetapan Peraturan Desa tentang APBDes adalah adanya keterlambatan menyusun desain RAB pembangunan desa. Olehnya itu, ia berharap, melalui Bimtek ini, kendala penyusunan desain RAB pembangunan desa bisa segera diatasi.

“Tadi disebutkan bahwa desain RAB itu ada yang dibuat oleh kader teknis desa, tapi ada juga yang menggunakan pihak ketiga. Sementara desa sendiri dituntut untuk mandiri dan memberdayakan masyarakatnya seperti kader teknis tersebut,” kata Indah. Melalui Bimtek ini, ia berharap aparat desa bisa membuat dan menyusun RAB dengan baik.

”Saya berharap, para peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan materi yang disampaikan oleh Narasumber, sehingga setelah selesai bimtek, ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan di desa masing-masing, peserta bisa juga bersinergi dengan kader teknis, sehingga penetapan APBDes dapat berjalan tepat waktu,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala PMD Luwu Utara, Misbah, menyebutkan, Penetapan APBDes berdasarkan Permendagri 20 Tahun 2018 ditetapkan paling lambat 31 Desember tahun sebelumnya, bukan tahun berjalan. Jadi, untuk APBDes 2021, kata dia, APBDesnya dibuat tahun 2020, bukan 2021. Turut hadir dalam kegiatan ini, para Camat se-Luwu Utara. (LH)

Info Redaksi:

Penerbit : PT (Persero) Mayzona Multi Media
Alamat : Jl. Toddopuli I No.9 Makassar Kode Pos 90222 Tlp 0812 4106 8817. Email syarifmay@gmail.com
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Perusahaan : M. Syarifuddin May
Pemimpin Redaksi : Moh. Supriadi Syarifuddin.
Sekretaris Redaksi : Mayanita, SH
Redaksi: M. Syarifuddin May, Muharram, Muhammad Ahkam, A. Ardiansyah, Raisa Febyanita, Abd Azis, Suryadi, Lukmansyah.
Biro Daerah : Ananda Putra Wibawa (Biro Luwu Raya), Hamzur Dj. Arya (Biro Mamuju Sulbar).

jasa pembuatan website makassar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.