DPRD  Sulbar Tindaklanjuti Data Penduduk di Majene

oleh -245 views
MAYZONA.ID (MAMUJU) – Dalam kunjungan kerja Pansus tiga anggota DPRD Provinsi Sulbar ke Kabupaten Majene, salah satunya menindaklanjuti terhadap dampak sosial yang ditimbulkan akibat pandemi Covid-19 di sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Majene.
Ketiga anggota DPRD Provinsi Sulbar yang melakukan kunjungan kerja Pansus ke Kabupaten Majene, masing-masing Dr H Muliadi Bintaha, Drs H Itol Syaiful Tonra MM, dan Megawati.
Dalam penjelasannya, Dr H Muliadi Bintaha selaku pimpinan rombongan yang didampingi Drs H Itol Syaiful Tonra MM dan Megawati menyampaikan kepada pihak pemerintah daerah supaya melakukan perbaikan data pada rumah tangga miskin penerima dana bantuan dampak sosial yang ditimbulkan Covid-19 pada Dinas Sosial di Kabupaten Majene. Sehingga nantinya dalam menyaluran bantuan kepada masyarakat itu sesuai harapan masyarakat yang betul-betul yang layak mendapatkannya.
”Kita harapkan kepada pihal dinas terkait dalam pendataan untuk bantuan BLT desa tepat pada sasarannya. Bukan penerima PKH pada kartu Sembako dan bukan pula pada penerima kartu prakerja. Karena pada dasarnya dana BLT desa sebesar Rp600.000 perkeluarga miskin sesuai domisili di desa bersangkutan,” terang H Muliadi Bintaha, di sela kunjungan kerja beberapa hari lalu.
Menurut Muliadi Bintaha, berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Penduduk di Kabupaten Majene, sesuai data per 31 Maret 2020 jumlah penduduk Kabupaten Majene sebanyak 174.243 jiwa yang terdiri atas 47.425 kepala keluarga (KK).
Adapun data masyarakat yang menerima bantuan pada PKH dan penerima kartu sembako (BLT) totalnya mencapai 24.145. Selanjutnya bansos dari Kemensos berupa bantuan tunai sebesar Rp600.000 perbulan selama 3 bulan, jumlahnya mencapai 10.510 KK. Maka total penerima bantuan sebanyak 24.655  KK.
”Sementara itu, pihak Dinsos dan PMD Kabupaten Majene telah merampungkan datanya dengan melalui laporan dari masing-masing kepala desa di Kabupaten Majene,” ujar H Muliadi Bintaha bersama dua anggota DPRD Sulbar lainnya, H Itol Syaiful Tonra dan Megawati.
H Muliadi Bintaha bersama H Itol Syaiful Tonra dan Megawati dalam perjalanan pansusnya untuk menindaklanjuti pendataan terhadap bantuan Covid-19 di Kabupaten Majene, data yang disebutkan sebanyak 16.498 KK ini pun masih tersisa empat desa dari kecamatan yang belum menyetorkan datanya. Dan ini diprediksikan sekitar 2.000 KK.
”Kalau ini tercapai maka jumlah KK sebanyak 47.425 dan akan dikurangi masyarakat yang dianggap mampu serta ASN sebanyak 4.267. Maka menurut versi Dinas Sosial Kabupaten Majene, jumlah yang telah tertangani dari dana APBN/Kemensos yaitu 24.655 berdasarkan data dari desa IK18.500-IK 43.275. Sedangkan pada lanjutan yang diprediksi dibantu melalui dana desa sebanyak 7.822 KK dan tertangani diberikan bantuan 24.655 KK dan ditambah 7.822 KK atau sama dengan 32.477 KK,” kata Muliadi Bintaha.
Diharapkan pendataan yang dilakukan Dinsos, BKKBN, dan PMD Kabupaten Majene dapat dilakukan perbaikan dan verifikasi data yang benar. Sehingga tidak terjadi tumpang tindih pada data yang disampaikan kepada pihak kami dari DPRD provinsi saat kami melakukan verefikasi data dampak sosial akibat Covid-19 terhadap masyarakat,” ucapnya.
Sementara itu, Sekretaris PMD Provinsi Sulbar, Andi Yasin saat dihubungi BKM mengatakan, turut hadir mendampingi pihak Pansus anggota DPRD Sulbar, yaitu sejumlah OPD lingkup Pemprov Sulbar, di antaranya Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Drs Madda Reski Salatin, kepala seksi di Dinas Sosial, Dinas Koperasi dan UKM, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulbar.
Andi Yasin mengatakan, perdebatan yang muncul antara pihak Pansus DPRD Sulbar dan pihak OPD Kabupaten Majene soal data, diharapkan ada perbaikan verifikasi ulang pada data yang disampaikan. Karena dinilai tidak valid alias kurang betul akurasi datanya. Sehingga dewan Sulbar berharap itu dilakukan perbaikan.
”Kami juga pihak PMD Provinsi Sulbar mengharapkan adanya validasi data. Sehingga akurasinya benar,” kata Andi Yasin, Sekretaris PMD Sulbar. (*/hms)

Info Redaksi:

Penerbit : PT (Persero) Mayzona Multi Media
Alamat : Jl. Toddopuli I No.9 Makassar Kode Pos 90222 Tlp 0812 4106 8817. Email syarifmay@gmail.com
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Perusahaan : M. Syarifuddin May
Pemimpin Redaksi : Moh. Supriadi Syarifuddin.
Sekretaris Redaksi : Mayanita, SH
Redaksi: M. Syarifuddin May, Muharram, Muhammad Ahkam, A. Ardiansyah, Raisa Febyanita, Abd Azis, Suryadi, Lukmansyah.
Biro Daerah : Ananda Putra Wibawa (Biro Luwu Raya), Hamzur Dj. Arya (Biro Mamuju Sulbar).


jasa pembuatan website makassar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.