Aksi Nyata Relawan Massikola Bantu Cerdaskan Kehidupan Bangsa

oleh -250 views

MAYZONANEWS.COM (MAKASSAR) – Banyak cara untuk membantu sesama dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, salah satunya seperti yang dilakukan anak-anak muda yang tergabung dalam Makassar Siap Sekolah atau yang disingkat Massikola.

Seperti halnya yang dilakukan hari ini, Selasa (23/8), relawan Massikola membantu proses pembelajaran terhadap anak-anak tidak sekolah dan yang putus sekolah yang berada di Kelurahan Bonto Makkio, Kecamatan Rappocini.

Founder Massikola,  dr. Udin Shaputra Malik mengatakan pihaknya menyasar anak usia sekolah yang tidak menempuh atau berhenti dari bangku pendidikan formal di kawasan padat penduduk.

“Cikal bakal terbentuknya Massikola sebagai bentuk aksi nyata anak muda Makassar untuk memberikan akses pendidikan dasar baca-tulis-hitung bagi anak-anak tidak sekolah dan putus sekolah,” ujar dr. Udin yang juga Ketua Forum Kolaborasi Kemanusiaan.

Adapun yang diajarkan oleh relawan Massikola yakni kemampuan membaca, menulis dan berhitung. Kata dr. Udin, relawan Massikola akan menjadi narahubung bagi masyarakat yang mengalami kesulitan di bidang pendidikan.

“Nanti kita akan mendata siapa saja anak yang bisa kami bantu untuk calistung. Jadi, para relawan Massikola ini adalah Narahubung masyarakat untuk membantu kesulitan para masyarakat di bidang pendidikan,” jelasnya.

Agar operasional Massikola lebih tersistematis dan terukur, kontainer yang berada di setiap kelurahan akan dijadikan lokasi belajar anak-anak yang telah teridentifikasi putus sekolah maupun yang putus sekolah.

“Di setiap kelurahan nanti akan ditempatkan beberapa relawan dari Massikola untuk membantu proses pembelajaran bagi adik-adik kita,” paparnya.

Selain itu untuk menopang pembelajaran dan merangsang minat belajar mereka, kontainer akan dimanfaatkan sebagai taman baca.

“Di setiap kontainer di masing-masing kelurahan akan kami bentuk team dan perpustakaan mini. Jadi bukan hanya berfungsi sebagai posko cepat tanggap covid atau bencana, kontainer juga nanti akan berperan sebagai taman baca untuk adik-adik kita,” terangnya.

Dia berharap semangat yang dituangkan melalui aksi Massikola betul-betul dalam membantu warga Makassar menerima haknya atas pendidikan sekaligus menyukseskan salah satu cita-cita negara ini: mencerdaskan kehidupan bangsa. (*)

Info Redaksi:

Penerbit : PT (Persero) Mayzona Multi Media
Alamat : Jl. Toddopuli I No.9 Makassar Kode Pos 90222 Tlp 0812 4106 8817. Email syarifmay@gmail.com
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Perusahaan : M. Syarifuddin May
Pemimpin Redaksi : Moh. Supriadi Syarifuddin.
Sekretaris Redaksi : Mayanita, SH
Redaksi: M. Syarifuddin May, Muharram, Muhammad Ahkam, A. Ardiansyah, Raisa Febyanita, Abd Azis, Suryadi, Lukmansyah.
Biro Daerah : Ananda Putra Wibawa (Biro Luwu Raya), Hamzur Dj. Arya (Biro Mamuju Sulbar).


jasa pembuatan website makassar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.