Danny Resmikan Jalan Opu Daeng Risadju, Pahlawan Nasional Asal Tana Luwu

oleh -243 views

Bupati Luwu Basmin Mattayang, Ketua DPRD Kota Palopo dan tokoh wanita (srikandi) dari Palopo

MAYZONANEWS.COM ((MAKASSAR) – Wali Kota Makassar Danny Pomanto meresmikan Jalan Opu Daeng Risadju yang sebelumnya bernama Jalan Cenderawasih., peresmian dihadiri Bupati Luwu Basmin Mattayang, Wakil Bupati Luwu Utara Suaib Mansur, Wali Kota Palopo Judas Amir, sejumlah srikandi  dari Tana Luwu dan Pengurus Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR).

Kata Danny, dia mengganti nama Jalan Cenderawasih menjadi jalan Opu Daeng Risadju, karen historis perjuangan pahlawan nasional asal Tana Luwu tersebut. Hinnga kini dua nama pahlawan nasional asal Tana Luwu kini jadi nama jalan di Kota Makassar, Sebelumnya Jalan Landak Baru berganti nama jadi Jalan Andi Djemma.

Danny mengungkapkan hal itu pada acara peresmian perubahan nama Jalan Cenderawasih menjadi jalan Opu Daeng Risadju,  yang digelar di persimpangan Jalan Cenderawasih Panjongnga Dg Ngalle, Selasa.

Dengan penggunaan nama Opu Daeng Risadju pada salah satu ruas jalan di Kota Makassar , maka dapat menceritakan peradaban dari Sulsel. Sebab,  cerita masa lalu beserta nilainya akan menjadi modal bagi masa yang akan datang, ujarnya.

Penetapan jalan Opu Daeng Risadju menurut Danny, merupakan  peradaban dari Tana Luwu, Sulawesi Selatan, dan peradaban Indonesia. Karena kita bicara tentang masa lalu dengan nilai-nilainya. Yang akan kita jadikan modal untuk masa depan.

Danny berharap,  kisah dan sejarah tokoh yang dijadikan nama jalan untuk dituliskan kembali. Dia juga berharap kepada masyarakat Luwu Raya untuk menceritakan ulang sosok Opu Daeng Risadju.

“Danny minta Penulis sejarah tentang tokoh yang dijadikan nama-nama jalan. Saya kira untuk Opu Daeng Risadju, saya tinggal meminta kepada keluarga dari Pak Bupati Luwu, Wali Kota Palopo, dan Wakil Bupati Luwu Utara,” pungkasnya.

Proses persiapan penggantian nama jalan ini cukup panjang karena sedang ada perbaikan. Sebab ada 9 sub jalan yang ikut berganti dengan adanya pergantian nama ini.

“Meskipun tidak panjang, tapi Jalan Cenderawasih ini banyak anaknya, sampai jalan Cenderawasih 9.  Sehingga agak lama preparasinya karena ada penggalian utilitas kota. Kedua, setelah baik, kita mengganti Jalan Cenderawasih 1 sampai 9, menjadi Opu Daeng Risadju 1 sampai 9,” kata Danny  menambahkan.

Nama jalan ini pertama kali digaungkan Danny Pomanto saat menghadiri Pelantikan, Rapat Kerja, dan Dialog Nasional Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) Sulsel di Hotel Claro, Sabtu (17/12/2022).

Nama Opu Daeng Risadju menggantikan jalan Cenderawasih karena di kawasan itu ada Jalan Andi Mappanyukki, diganti dengan nama pahlawan nasional wanita dari Tana Lauwu. kunci Danny Pomanto. (sm)

Info Redaksi:

Penerbit : PT (Persero) Mayzona Multi Media
Alamat : Jl. Toddopuli I No.9 Makassar Kode Pos 90222 Tlp 0812 4106 8817. Email syarifmay@gmail.com
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Perusahaan : M. Syarifuddin May
Pemimpin Redaksi : Moh. Supriadi Syarifuddin.
Sekretaris Redaksi : Mayanita, SH
Redaksi: M. Syarifuddin May, Muharram, Muhammad Ahkam, A. Ardiansyah, Raisa Febyanita, Abd Azis, Suryadi, Lukmansyah.
Biro Daerah : Ananda Putra Wibawa (Biro Luwu Raya), Hamzur Dj. Arya (Biro Mamuju Sulbar).

jasa pembuatan website makassar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.