Bupati Luwu Hadiri Syukuran Panen

oleh -179 views

MAYZONANEWS.COM (BELOPA) – Sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen padi, masyarakat Kelurahan Lindajang Kecamatan Suli Barat mengadakan acara Syukuran Panen dan Tudang Sipulung di lapangan sepakbola Kelurahan Lindajang, Senin (22/1/2024).

Rasa syukur tersebut terasa lengkap karena acara syukuran panen dan tudang sipulung dihadiri langsung oleh orang nomor 1 di Kabupaten Luwu, Dr. Drs. H. Basmin Mattayang, MPd bersama Kapolres Luwu, AKBP. Arisandi serta unsur forkopimda lainnya dan para kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu.

Setiba di Lokasi, Bupati Luwu disambut oleh Camat Suli Barat, Syamsudding beserta para kepala desa dan lurah se Kecamatan Suli Barat yang mempersembahkan tarian Paduppa oleh remaja Kelurahan Lindajang yang disusul dengan penampilan group kesenian Balendo.

Dengan terlaksaksananya acara syukuran panen ini, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Kecamatan Suli Barat, pemerintah beserta masyarakat Kelurahan Lindajang yang terus mempererat jalinan silaturrahmi.

“Alhamdulillah atas segala nikmat Allah yang tercurah kepada kita semua dapat memperoleh hasil panen yang baik, namun yang tidak kalah pentingnya adalah nikmat kesehatan dan kesempatan sehingga kita dapat bersilaturrahmi ditempat ini,” kata H. Basmin Mattayang

Menurutnya, jalinan silaturrahmi ini harus lebih dipererat, karena selain memperkuat ukhuwah Islamiyah antar sesama juga dapat terhindar dari perpecahan serta dipanjangkan umur dan akan diluaskan rejekinya oleh Allah SWT.

“Kegiatan silaturrahmi seperti ini harus lebih sering dilaksanakan agar memperkuat persatuan. Kebersamaan itu harus dipupuk sehingga tidak mudah bercerai berai dan terpecah belah,” ucapnya.

“Patut pula disyukuri karena perbaikan kondisi jalan di Kecamatan Suli Barat ini secara bertahap telah dilaksanakan sebagai bentuk pemerataan pembangunan yang dapat mendukung distribusi hasil pertanian. Olehnya itu, jika ingin hasil panen selalu baik, tanaman tumbuh subur maka peliharalah silaturrahmi dan kekompakan ini,” tutupnya.

Sementara itu, Camat Suli Barat, Syamsudding melaporkan kondisi pertanian diwilayahnya yang terdiri dari luas sawah sekitar 6278 hektar, lahan jagung seluas 828,9 hektar, Perkebunan seluas 2696 hektar dengan jumlah kelompok tani sebanyak 160 kelompok.

“Jumlah petani di Suli Barat sekitar 4872 orang. Hasil panen padi pada periode bulan April-September tahun 2023 di Kelurahan Lindajang 5,5 sampai 6 ton perhektar gabah kering panen dengan harga Rp. 6500/kg, Varietas padi yang ditanam adalah Inpari 32,” jelas Syamsudding.

Peningkatan hasil produksi pertanian ini menurutnya tidak terlepas dari kepedulian pemerintah Kabupaten Luwu melalui Dinas Pertanian yang memberikan bantuan alsintan kepada para petani.

“Bantuan pertanian yang diterima petani di kelurahan Lindajang ini yakni handtraktor sebanyak 5 unit, mesin pemipil jagung sebanyak 3 unit, hand sprayer sebanyak 175 unit dan pompa air 1 unit. Terima kasih bapak Bupati atas bantuan ini,” tuturnya.

Info Redaksi:

Penerbit : PT (Persero) Mayzona Multi Media
Alamat : Jl. Toddopuli I No.9 Makassar Kode Pos 90222 Tlp 0812 4106 8817. Email syarifmay@gmail.com
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Perusahaan : M. Syarifuddin May
Pemimpin Redaksi : Moh. Supriadi Syarifuddin.
Sekretaris Redaksi : Mayanita, SH
Redaksi: M. Syarifuddin May, Muharram, Muhammad Ahkam, A. Ardiansyah, Raisa Febyanita, Abd Azis, Suryadi, Lukmansyah.
Biro Daerah : Ananda Putra Wibawa (Biro Luwu Raya), Hamzur Dj. Arya (Biro Mamuju Sulbar).

jasa pembuatan website makassar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.