Pj Bupati Luwu Hadiri Pembukaan Training dan Implementasi Siskeudes

oleh -19 views

MAYZONANEWS.COM (BELOPA) – Bupati Luwu, Muh. Saleh membuka Training dan Implementasi Siskeudes Online 2.0.6 Pemdes se-Kabupaten Luwu, dibula Ditjen Bina Pemdes-Kemendagri di  Makassar, pad Minggu

Muh. Saleh dalam sambutannya mengungkapkan jika pengelolaan keuangan desa dituntut dilakukan secara transparan partisipatif dan disiplin.

“Salah satu solusi untuk melakukan pengelolaan keuangan desa melalui Siskeudes ini makanya saya sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa DPMD Provinsi Sulawesi Selatan yang kebetulan juga ditunjuk sebagai PJ Bupati Luwu tentu punya keinginan agar pengelolaan keuangan desa di Kabupaten Luwu bisa semakin baik,” kata Muh Saleh.

Ia juga berharap, seluruh desa yang ada di Luwu dalam pengelolaan keuangannya bisa terbaik di Sulawesi Selatan sehingga ini menjadi contoh baik kabupaten lain.

“Patut kita bersyukur atas inisiasi pak kadis melakukan bimtek ini bisa memberi pemahaman yang lebih mendalam kepada perangkat pemerintahan desa, apalagi panitia telah menghadirkan narasumber, bapak direktur ini yang sangat berkapasitas karena merekalah yang menjadi sumber konsep laporan keuangan dan aset desa,” tambahnya.

Muh. Saleh berharap agar peserta selama tiga hari kedepan bisa serius menyimak materi pelatihan, sehingga hasilnya kedepan dapat maksimal.

Di tempat yang sama, Kepala DPMD Kabupaten Luwu, Kasmaruddin menyampaikan sejumlah alasan digelarnya kegiatan ini, diantarnya edaran Mentri, petunjuk BPKP, temuan Inspektorat, serta edaran Mendagri.

“Dasar kegiatan edaran menteri terkait mekanisme pengelolaan keuangan berbasis Siskeudes online sebagaimana petunjuk BPKP pada saat monitor dan evaluasi pelaksanaan dana desa di Kabupaten Luwu. Beberapa temuan Inspektorat terkait pelaporan keuangan desa yang mana pelaporan masih lambat akibat daripada sumber daya manusia perangkat desa masih minim sehingga merekomendasikan untuk melaksanakan peningkatan kapasitas bagi aparatur pemerintahan desa,” kata Kasmaruddin.

Lebih jauh ia menerangkan jika pelatihan Siskeudes dianggap perlu seiring penggantian perangkat desa khususnya pada jabatan sekretaris desa dan keuangan dalam hal ini bendahara. Dimana ada pengangkatan baru, sehingga dibutuhkan peningkatan kapasitas.

Pelatihan Siskeudes ini lanjut Kasmaruddin mengacu pada edaran Menteri Dalam Negeri tentang mekanisme pelaksanaan transaksi non tunai melalui online pada kabupaten dan kota yang memiliki desa.

“Mudah-mudahan aparat desa yang ikut bisa belajar sehingga bisa memahami apa yang ada di Siskeudes,” kuncinya.

Direktur Fasilitasi Perencanaan, Keuangan, dan Aset Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Drs. Lutfi T.M.A., M.Si. hadir pada acara tersebut. Ia didapuk membawakan materi perdana tentang Regulasi tatakelola administrasi keuangan desa

Selain itu, Kajari Luwu Zulmar Adhy Surya, serta Kapolres Luwu, AKBP Arisandi turut diagendakan hadir membawakan materi pada kegiatan yang digelar selama 4 hari 3 malam, hingga 12 Juni mendatang. Ratusan peserta hadir pada kegiatan tersebut. Meraka adalah Bendahara, Sekretaris, hingga Kepala Kepala Desa, dari 207 desa yang ada di Luwu.

Info Redaksi:

Penerbit : PT (Persero) Mayzona Multi Media
Alamat : Jl. Toddopuli I No.9 Makassar Kode Pos 90222 Tlp 0812 4106 8817. Email syarifmay@gmail.com
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Perusahaan : M. Syarifuddin May
Pemimpin Redaksi : Moh. Supriadi Syarifuddin.
Sekretaris Redaksi : Mayanita, SH
Redaksi: M. Syarifuddin May, Muharram, Muhammad Ahkam, A. Ardiansyah, Raisa Febyanita, Abd Azis, Suryadi, Lukmansyah.
Biro Daerah : Ananda Putra Wibawa (Biro Luwu Raya), Hamzur Dj. Arya (Biro Mamuju Sulbar).

jasa pembuatan website makassar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.