Tarian Kalompoanna Parasanganta Buat Kagum Menparekraf RI

oleh -799 views

MAYZONANEWS.COM (MAKASSAR) – Berbagai kegiatan dilangsungkan untuk memeriahkan pembukaan Makassar International Eight Festival and Forum 2022 atau Makassar F8 2022.

500 siswa/i Sekolah Menengah Pertama (SMP) serentak mengenakan busana merah dipadukan bando kuning keemasan dan siswa mengenakan topi runcing merah tobaraniyya. Sebagian siswi memainkan kain biru, dan tampi atau biasa disebut pattapi.

Mereka tampak lincah melompat ke kiri dan ke kanan mengikuti iringan nada 100 buah gendang di panggung utama Makassar F8, Anjungan Pantai Losari, Rabu (07/08).

Tampak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Wali Kota Bogor, Bima Arya para, Sekda Sulawesi Selatan, Abdul Hayat Gani, seluruh Bupati se Sulsel dan para tamu undangan menikmati setiap gerakan kaki, tangan dan mata para penari yang terus bergerak secara bergantian.

Di panggung- panggung terpasang layar lebar berisi video siaran langsung baik dari Televisi Lokal, Nasional,  Radio yang bisa disaksikan dan didengar masyarakat se Indonesia.

Dibawah bimbingan Yayasan Anging Mammiri, para penari menampilkan dua jenis tarian yakni Tarian Kreasi (Gabungan Bugis, Makassar, Mandar Toraja) dan Tarian Kalompoanna Parasanganta.

“Anak-anak SMP 3 ini tampil dengan baik, karena sudah terlatih selama tiga minggu. Kenapa Tarian Kalompoanna kami tampilkan karena ini menunjukkan arti kebesaran negeri kita,” ucap Founder Yayasan Anging Mammiri, Iin Joesoef Madjid.

Katanya, di Kota Makassar penduduk terbesarnya berasal dari empat suku itu, sehingga tema ini pun cocok untuk ditampilkan pada agenda Top 10 se Indonesia ini.

Bahkan tarian ini sudah pernah tampil di Sydney Australia pada Juli kemarin dalam acara Century of Friendship.

Penampilan 500 penari ini diiringi Jad and Sugi Band bersama penyanyi lokal diantaranya Aty Sarro,Ninik Gio dan Aulia Anas ini pun mengundang decak kagum para tamu yang hadir, khususnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno. (*)

Info Redaksi:

Penerbit : PT (Persero) Mayzona Multi Media
Alamat : Jl. Toddopuli I No.9 Makassar Kode Pos 90222 Tlp 0812 4106 8817. Email syarifmay@gmail.com
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Perusahaan : M. Syarifuddin May
Pemimpin Redaksi : Moh. Supriadi Syarifuddin.
Sekretaris Redaksi : Mayanita, SH
Redaksi: M. Syarifuddin May, Muharram, Muhammad Ahkam, A. Ardiansyah, Raisa Febyanita, Abd Azis, Suryadi, Lukmansyah.
Biro Daerah : Ananda Putra Wibawa (Biro Luwu Raya), Hamzur Dj. Arya (Biro Mamuju Sulbar).

jasa pembuatan website makassar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.