Gunakan Jaring Lingkar, IDP Tangkap Ikan Seberat 150 Kg di Perairan Teluk Bone

oleh -2,027 views
oleh

 “Bupati Indah Putri Indriani saat menarik jaring lingkar bersama nelayan di Perairan Teluk Bone.”
MAYZONA.ID (MASAMBA) – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP), mengevaluasi beberapa kegiatan di sektor perikanan tahun 2019, khususnya perikanan tangkap, Sabtu (20/6/2020), di Desa Tokke Kecamatan Malangke. Salah satu kegiatan tersebut adalah teknologi penangkapan ikan dengan menggunakan purse seine atau jaring lingkar atau puka puru.

Bahkan orang nomor satu di Luwu Utara ini ikut menangkap ikan dengan cara menarik jaring bersama beberapa nelayan setempat. Penangkapan ikan dilakukan pada pukul 10.00 wita – 14.00 wita di Perairan Teluk Bone atau sekitar 3 mil dari muara desa Tokke. Bupati bersama rombongan harus menempuh perjalanan laut selama kurang lebih sejam.

Menariknya, hasil tangkapan ikan diborong Bupati untuk kemudian dibagi gratis. Beberapa jenis ikan yang ditangkap seperti ikan kembung, tembang, layur, tongkol, cakalang dan jenis ikan pelagis lainnya. “Alhamdulillah, Bupati bersama rombongan, dibantu 10 nelayan penarik jaring, plus nakhoda dan penyelam, berhasil menangkap ikan seberat 150 kg. Lumayan, mengingat ini belum musim puncak,” kata Kadis Perikanan, Muharwan.

Muharwan menyebutkan, musim puncak itu nanti di bulan Agustus, dan biasanya hasil tangkapan ikan dengan menggunakan jaring lingkar itu bisa mencapai 10 box. “Ini masih musim peralihan. Jadi, hasil tangkapan Bupati bersama pejabat lainnya terbilang luar biasa,” kata dia. Muharwan menyebutkan, satu box ikan biasanya berharga Rp 2 juta – Rp 2,5 juta.

Sebagai informasi, penangkapan ikan oleh Bupati dan rombongan menggunakan kapal purse seini yang dilengkapi fish finder sebagai pendeteksi ikan. Jenis penangkapan ini menggunakan metode melingkari ikan dengan jenis ikan tangkapan pelagis (permukaan). Teknologi ini juga menggunakan kapal motor jenis 7 – 15 GT, dengan panjang tali ris 200 – 400 meter.

Ikut mendampingi Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Kepala Bappeda Luwu Utara Rusydi Rasyid, Anggota DPRD Luwu Utara untuk daerah pemilihan Kecamatan Malangke dan Malangke Barat (Malbar) Amir Machmud dan Ibrahim, Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Muharwan dan Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Abdul  Hamid. (LH)

Info Redaksi:

Penerbit : PT (Persero) Mayzona Multi Media
Alamat : Jl. Toddopuli I No.9 Makassar Kode Pos 90222 Tlp 0812 4106 8817. Email syarifmay@gmail.com
Pemimpin Umum/Penanggung Jawab/Perusahaan : M. Syarifuddin May
Pemimpin Redaksi : Moh. Supriadi Syarifuddin.
Sekretaris Redaksi : Mayanita, SH
Redaksi: M. Syarifuddin May, Muharram, Muhammad Ahkam, A. Ardiansyah, Raisa Febyanita, Abd Azis, Suryadi, Lukmansyah.
Biro Daerah : Ananda Putra Wibawa (Biro Luwu Raya), Hamzur Dj. Arya (Biro Mamuju Sulbar).

jasa pembuatan website makassar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.